Kunci Sukses Lolos SNMPTN (SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI)

Kejujuran adalah pondasi penting dalam mengarungi kesuksesan hidup. Jika kita jujur pada diri kita sendiri, pada orang lain, dan pada keluarga, kerabat, teman dekat kita, insyaallah jalan kehidupan akan semakin mudah ditempuh. 



Nyontek!! Gak KerenContoh jika seorang pelajar atau siswa yang ingin lolos seleksi Perguruan tinggi negeri, ada salah satu persyaratan yang harus dipenuhi yaitu nilai raport tiap semester harus diatas delapan misalnya. Tapi sang pelajar itu di nilai raport 5 semester ada salah satu mata pelajaran yang hanya memiliki nilai 7,5. Menurut anda apakah setelah diremedial ulang sampai berkali-kali hanya menyentuh angka 7,8, apakah minta kebijakn dari kepala sekolah untuk mengkatrol jadi 8 atau bagaimana? Karena syaratnya harus 8 semua.
Disini kita belajar tentang kejujuran dan keikhlasan hidup.

Ada salah satu siswa saya alumni SMA PUQ tahun 2017 yang kini masuk Tekhnik Pertambangan ITB dengan lolos seleksi yang pada akhirnya biaya yang harus dikeluarkan untuk masuk dan kuliah sebesar Rp. 40.000.000 (Empat puluh Juta Rupiah) Gratis tidak bayar. Bahkan anak yang lahir dari keturunan orang tidak berada ini, Osa Yuninda mendapatkan beasiswa selama kuliah sebesar Rp. 1.000.000,00 (Satu Juta Rupiah tiap bulan) dengan syarat IPK semesteran harus Minimal 3. Sungguh Hebat dan saya Bangga dengan prestasi dia. Kunci Lolos seleksi SNMPTN dengan tidak mengkatrol nilai, dia seadanya, bahkan nilai raport di 5 semester beragam ada juga yang nilai tujuh. Namun Do'a dan keikhlasan dialah yang menentukan semua berkat ridho-Nya. Mudah-mudahan Sukses terus buat Osa yah.

Pada intinya, Kejujuran itu penting untuk hidup sukses, jika sudah dinodai dengan hal yang tidak jujur, anda akan menyimpan terus memori ketidakjujuran anda, dan pada akhirnya setiap langkah dia akan selalu menghalalkan segala cara. Sudah ternoda dan terus akan selalu ternoda, hal ini juga yang akan menghambat segala kemudahan rejeki sesorang. Jadi tanamkanlah kejujuran sejak dini, biarkan seadanya karena itulah kemampuan diri kita. Kalau bisa jangan menyontek, menyontek itu tidak baik dan tidak jujur.

Sobat-sobat pasti tahu dong bahwa nyontek atau "niron" (dalam bahasa Sunda) saat ulangan/ujian SBMPTN adalah perbuatan yang tidak fair. Bukan hanya tidak fair untuk teman-teman lain yang telah bersusah-payah belajar, tapi juga bagi diri para pelakunya sendiri, lho! 😁
.
Banyak faktor yang mendorong seorang pelajar terlibat dalam kegiatan contek-mencontek dikala Ujian SBMPTN, Sob! Beberapa di antaranya adalah…




Tulisan lengkapnya silahkan kunjungi Almarwah Education Center


image credit : freepik.com

Comments